Vaksin Buatan Timur Dan Barat, Mana Lebih Aman?

Vaksin Buatan Timur Dan Barat, Mana Lebih Aman?

Perusahaan India memasok dosis atas nama AstraZeneca tetapi juga bebas untuk melakukan kesepakatan pasokannya sendiri. “Kita harus mengetahui riwayat penyakit seseorang sebelum memutuskan apakah KIPI terkait dengan vaksinasi. “Terkait dengan jenis vaksin kedua, sampai saat ini sudah ada beberapa studi di dunia menyatakan menyampurkan kedua jenis vaksin dapat dilakukan.

Bangladesh telah menginokulasi hampir four,6 juta orang sejak gerakan vaksinasi dimulai pada Februari dengan menggunakan suntikan AstraZeneca, yang dikembangkan bersama dengan Universitas Oxford di Inggris. Diperbolehkannya penggunaan vaksin AstraZeneca itu tertuang dalam Fatwa Nomor 14 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksin COVID-19 Produksi AstraZeneca. Kerja sama dalam produksi vaksin juga dilakukan dengan perusahaan farmasi Rusia R-Pharm, dan perusahaan China, Wuxi Biologics yang dikabarkan memakai fasilitas di Jerman.

Umumnya, orang yang diberi vaksin dari virus nonaktif membutuhkan suntikan lebih dari sekali. Menurut penjelasan lembaga kesehatan enters for Disease Control and Prevention AS, dosis pertama tidak akan langsung menghasilkan kekebalan pelindung, melainkan ‘mengatur’ sistem kekebalan terlebih dahulu. Kemenkes menjelaskan, kekebalan terhadap COVID-19 tidak langsung muncul saat seseorang disuntik vaksin dosis pertama.

Adapun alasan keempat adalah adanya jaminan keamanan penggunaan dari pemerintah. Menurut alasan yang kelima, pemerintah tidak memiliki kekuasaan memilih vaksin mengingat keterbatasan vaksin baik di Indonesia maupun di tingkat global. Mutasi virus B.1.1.7 disebut lebih mudah menular dibandingkan virus corona varian lainnya. Kedua vaksin tersebut sama-sama digunakan untuk program vaksinasi massal pemerintah guna memutus mata rantai penularan Covid-19.

Ariza menegaskan, pihaknya siap menjalankan seluruh kebijakan yang diambil pemerintah pusat ini. “Kalau masih ragu boleh periksaan diri, untuk orag berpotensi memiliki gangguan darah, tapi kalau tidak punya, tidak perlu takut,” pungkas Reisa. Sementara itu, vaksin Covid-19 buatan Sinovac hanya membutuhkan penyimpanan dalam lemari es, dengan standar suhu 2-8 derajat celcius, dan dapat bertahan hingga three tahun lamanya.

Vaksin Astrazeneca buatan mana

Sebagaimana yang dianjurkan WHO , Indonesia selalu melakukan pengawasan terhadap potensi kemunculan KIPI bukan karena efek negatif yang ditemukan di lapangan, langsung berkaitan dengan vaksin yang diberikan. Kemudian gejala yang ditemukan pada 1 banding 10 orang antara lain; bengkak hingga benjol di tempat suntikan, demam, muntah atau diare, radang tenggorokan, pilek hingga batuk. Gejala umum dapat ditandai dengan gatal atau memar di space suntikan, rasa lelah, menggigil bahkan sakit kepala, mual, dan nyeri otot badan. Sedangkan untuk vaksin baru AstraZeneca memiliki gejala umum dan gejala jarang pada penerimanya.

Namun di Indonesia sendiri, Sinovac telah mendapat izin Emergency Use Authorization dari Badan Pengawas Obat dan Makanan untuk diberikan pada masyarakat dengan usia lansia mulai 60 tahun dan diatasnya. Diperkirakan dalam 3 minggu hingga 12 minggu setelah penyuntikan pertama, AstraZeneca mampu mencegah sekitar 70% kasus penyakit serius. Ketika disuntikan dan masuk ke sel manusia, akan memicu kekebalan terhadap protein spike, sehingga hasilkan sel memori yang mampu mengenali virus penyebab Covid-19.

Comments are closed.