Bupati Sleman Sudah Divaksin Tetap Kena Covid

Bupati Sleman Sudah Divaksin Tetap Kena Covid

“Pengambilan swab dilakukan terkait hasil tracking dari Dinas Kesehatan Kabupaten Beltim. Di mana mereka menelusuri siapa saja yang orang-orang yang sudah berkontak langsung dengan pasien positif di Tanjupandan,” ungkap Hotma kepada Diskominfo Beltim di Ruang Satgas COVID 19 RSUD Beltim, Senin (20/4/20). Penerima vaksinasi Covid-19 bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor WA itu dengan mengetik kata kunci ‘vaksin’. Setelah itu akan ada konfirmasi bahwa penerima vaksinasi adalah tenaga kesehatan.

Vaksin ini pun tak bisa jadi penjamin mutlak bebas virus corona meski bisa melindungi dan mengurangi keparahan gejala. Tak sampai hitungan tahun, umumnya kekebalan alami terjadi hanya beberapa bulan, yakni 3-8 bulan. Alhasil, demi melindungi diri dari kasus reinfeksi, penyintas boleh menjadi penerima vaksin covid. Saat seseorang dinyatakan positif setelah vaksinasi, itu artinya saat divaksinasi seseorang tersebut sudah terpapar/terinfeksi COVID-19 dan sedang dalam masa inkubasi. Vaksin COVID-19 Sinovac telah teruji keamanan, mutu, khasiat dan kehalalannya.

Manggar, Diskominfo Beltim – Tim Satgas COVID 19 RSUD Belitung Timur melakukan tes swab terhadap empat orang warga Desa Lalang Kecamatan Manggar, Minggu (19/4/20). Layanan ini bertujuan mempermudah penerima vaksinasi Covid-19 melakukan registrasi di mana pun. Sementara itu, registrasi melalui WA tersebut hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Setelah terverifikasi, tenaga kesehatan dapat mendaftarkan diri untuk membuat janji di fasilitas kesehatan sekitar dan mendapatkan konfirmasi terkait waktu dan tempat pelaksaan vaksin.

Contohnya, polisi, TNI, sopir kendaraan umum, tukang ojek , petugas bandara, kurir, pejabat publik, dan sebagainya. Orang yang mengalami gejala sejenis flu, khususnya demam 38 derajat Celcius ke atas dan batuk. “Kalau dari Komda KIPI menyatakan, ini kan sudah dilaksanakan audit KIPI di tingkat nasional, nah itu disampaikan bahwa memang kejadian meninggalnya nakes E ini tidak berhubungan dengan vaksinasi COVID-19 sebelumnya. Dan kesimpulannya bahwa vaksin Sinovac ini aman dan bisa dilanjutkan,” kata Dokter Deny Christianto.

Apakah jika sudah vaksin ketika melakukan swab bisa menjadi positif?

Vaksinolog Dirga Sakti Rambe menegaskan semua jenis vaksin Covid-19 yang tersedia saat ini termasuk Sinovac, tidak menyebabkan tes swab PCR menjadi positif. Kalau setelah disuntik vaksin ternyata positif, berarti itu karena penularan, bukan karena vaksinasi. Vaksin diberikan ke dalam tubuh individu untuk dapat memicu tubuh memproduksiantibodiyang dapat mempertahankan tubuh kita dari patogen penyebab infeksi, dalam konteks ini adalah virus. Vaksin secara konvensional digolongkan berdasarkan jenis material aktifnya, yaitu vaksin yang berisi virus yang dilemahkan , virus yang diinaktivasi , dan bagian dari virus (subunit/antigenic vaccine).

Comments are closed.